Pohon Tabebuya Kuning dan Manfaatnya

Pohon Tabebuya Kuning atau Chrysotricha merupakan jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil. Banyak orang yang menyebut tanaman jenis ini dengan nama tanaman sakura, karena apabila pohon ini sedang berbunga, maka mirip sekali dengan bunga sakura.

Pohon Tabebuya Kuning Sering Disebut Tanaman Sakura

Pohon tabebuya kuning ini merupakan tanaman atau pohon hias yang populer. Pohon yang dapat tumbuh baik di derah tropis maupun sub-tropis. Pohon yang rendah pemeliharaan, membutuhkan pemangkasan untuk memangkas tangkai mati atau rusak saja. Kelebihan dari tanaman ini yaitu tamana ini jarang sekali terganggu oleh hama atau penyakit yang sering sekali menyerang pada tumbuhan.

Terdapat 2 jenis pohon tabebuya kuning yang populer sebagai tanaman hias pekarangan rumah, yaitu tabebuya kuning dan tabebuya merah muda. Pohon ini sudah dijadikan sebagai tanamna peneduh jalan raya di Surabay, Malang, Jakarta, dan kota-kota lainnya.

Tanaman Tabebuya mempunyai bunga yang berbeda-beda warna. Ada warna kuning dan berbentuk terompet, pun ada tidak sedikit sekali spesies tabebuya dan berasal dari sekian banyak negara dengan genustabebuia dan dengan warna bunga berbagai macam, namun yang tidak jarang dijumpai di Indonesia yang kuning terompet dengan Bunga pohon tabebuya mempunyai panjang 3 –11 cm, berbentuk terompet dan bergerombol.

Setiap spesies pohon tabebuya mempunyai warna yang berbeda-beda, ketika ini warna yang tidak sedikit dikenal ialah putih, pink muda, kuning, kuning ke-orange-an, magenta, pink tua, dan terdapat yang merah. motif garis warna ungu di dalam bunga. Tabebuia adalahpohon lindung yang dapat berbunga dan memiliki format bunga yang bagus. Di samping memiliki sejumlah pilihan warna, Tabebuia pada musim berbunganya dapat menghasilkan jumlah bunga yang sangat tidak sedikit dan tidak putus sejak mula musim kemarau sampai menjelang musim hujan. Bahkan kini ini musim pembungaan dapat ditata dengan manipulasi pola pemupukan.

Habitat pribumi Tabebuya berasal dari wilayah dengan iklim kering, sampai-sampai memiliki keawetan hidup yang tinggi dalam situasi kekeringan. Hal ini paling sesuai sebab tanaman penghijauan lazimnya dihadapkan pada kurangnya penyiraman disaat musim kemarau. Pohon ini ialah pohon hias populer bisa tumbuh di sekian banyak jenis tanah di wilayah subtropis dan tropis. Tabebuya ialah pohon rendah pemeliharaan, memerlukan pemangkasan melulu untuk memangkas tangkai mati atau rusak. Hama atau penyakit jarang mengganggu pohon tropis.