Pohon Johar atau Juwar Tanaman Polong-Polongan

Pohon Johar atau Juwar termasuk ke dalam suku Fabaceae atau Leguminoceae atau yang lebih dikenal dengan polong-polongan. Pohon ini sering sekali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk obat cacing, sawan, diabetes, dan lain sebagainya.

Pohon johar ini sering sekali ditanam dalam sistem pertanaman campuran atau agroforestri, baik sebagai tanaman sela, tanaman tepi atau tanaman penghalang angin.

Pengembangbiakan Pohon Johar atau Juwar Tanaman Polong-Polongan

Untuk pembiakan tanaman jenis ini, yaitu benih johar harus ditabur di tempat yang terbuka. Benih bisa langsung ditabur atau bisa menggunakan kantong plastik untuk daerah yang kering. Nah untuk media campurannya yaitu top soil dan kompos daun-daunan. Siram tanaman secara teratur.

Untuk pemanfaatan pohon johar yang dapat menghasilkan kayu bakar yang baik, terutama untuk dijadikan arang. Oleh sebab itu apabila membudidayakan jenis pohon ini akan mendapatkan keuntungan dalam suatu usaha bisnis.

Baca Juga :

Untuk pesan bibit pohon johar atau juwar, silahkan chat dengan kami.

Johar sering ditanam dalam sistem pertanaman campuran (agroforestri), baik sebagai tanaman sela, tanaman tepi atau penghalang angin. Pohon ini acap ditanam sebagai penaung di perkebunan-perkebunan teh, kopi atau kakao. Akan tetapi perakarannya yang luas dapat berpotensi sebagai pesaing tanaman utama dalam perolehan unsur hara dan air, sehingga penanamannya harus dilakukan dengan hati-hati. Sekarang johar juga kerap ditanam sebagai pohon peneduh tepi jalan dan pohon hias di taman-taman, bahkan juga untuk merehabilitasi lahan pertambangan