Pohon Bungur Sebagai Tanaman Herbal Berkhasiat

Pohon Bungur atau Lagerstroemia merupakan sejenis tumbuhan yang berwujud pohon atau perdu yang dikenal oleh masyarakat sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Untuk memperbanyak tanaman ini yaitu dengan biji yang keluar setelah proses pembungaan yang telah selesai. Selain itu juga dapat melakukannya dengan cara pencangkokan.

Pohon Bungur Sebagai Tanaman Herbal Berkhasiat

Tanaman bungur ini ternyata mempunyai segudang manfaat lain di bidang pengobatan herbal, karena semua bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat. Seperti penyakit eksim, diare dan kencing manis. Selain terdapat unsur keindahan dari pohon ini, juga terdapat manfaat sebagai tanaman obat yang berkhasiat.

Perawatan tanaman bungur relatif tidak sulit dan hampir sama dengan perawatan jenis tanaman hias yang lainnya. Yang paling penting yaitu tanaman jenis ini membutuhkan sinar cahaya matahari secara langsung, sehingga tanamlah tanaman ini di tempat yang bisa langsung terkena sinar matahari.

Pohon Bungur adalah sejenis tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunganya berwarna merah jambu, bila mekar bersama-sama akan tampak indah. Perbanyakan anakannya berasal dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai. Bijinya berbentuk bulat berwarna coklat sebesar kelereng. Selain itu bisa juga diperbanyak dengan pencangkokan.

Ada dua jenis bungur yang populer sebagai tanaman hias pekarangan: bungur biasa/besar/kebo (L. speciosa), pohon besar mencapai 8 m, dan bungur jepang (L. faurieri, L. indica, dan hibrida keduanya) yang lebih kecil, berbentuk perdu. Bungur besar dulu juga banyak ditanam di pekuburan. Kini selain ditanam sengaja di pinggir jalan raya dan halaman rumah, juga banyak tumbuh liar di tepian sungai