Bibit Tanaman Hias serta Jenis-Jenisnya

Berbicara mengenai tanaman hias tentu kita dapat menelusuri jenis-jenis bibit tanaman hias, kini semua orang dapat menemui tanaman hias dengan mudah baik yang ditempatkan di indor maupun di outdor, bahakan tak sedikit orang yang menjadikan tanaman hias sebagai hiasan di dalam rumah, di kantor, di mall dan bangunan lainnya. Selain di gedung, tanaman hias juga bayak kita jumpai di tempat lain seperti misalnya di taman maupun ditempat rekreaasi lainnya.

Bibit Tanaman Hias serta jenis-jenisnya

Kecintaan orang pada tanaman hias tentu sangat beralasan, dibandinga dengan jenis tanama lainnya tanaman hias memiliki bentuk yang elok dan menawan, selain itu juga memiliki bentuk yang artistik yang tinggi, yang dimaksud artistik adalah dapat dikatakan juga sebagai seni. Tak heran jika taaman hias banyak digunakan untuk untuk mempercantik interior rumah, kantor, dan gedung lainnya. Selain itu juga dapat digunakan untuk dekorasi taman, kebun, dan yang lainnya.

Kemudahan menemukan tanaman hias tidak diimbangi dengan kemudahan menamukan bibit tanaman hias. Hal ini dapat dirasakan semua orang, kesulitan dalam membuat bibibit tanaman hias membuat orang leih memlih membeli yang sudah jadi, tak jarang bibit tersebut juga didapatkan dari hasil impor.

Di Indonesia ini lebih banyak orang yang suka menanam untuk meghiasi apapun yang mereka inginkan, namun sedikit sekali yang memiliki konsen untuk membuat bibit. Jadi tak heran jika ada yang membuat tanaman palsu atau imitasi yag trbuat dari plastik. Mungkin alasannya beragam, kenapa pembuat bibit taama hias sagat minim sekali. Akan tetapi satu hal yang pasti untuk melihat prospek tanaman hias dimasa yang akan datang maka harus ada orang kelompok atau perusahaan yang juga fokus menyediakan bibit tanaman hias.

Sebab fungsi dari tanaman hias selain sedap untuk di pandang, beberapa tanaman his juag mamapu mengeluarkan aroma yang segar, tanaman hias jenis ini tengtu sangat ccok di taroh di dalam ruangan. Di dunia arsitektur modern sudah sangatlazim tanaman hias di desain sedemikian rupa untuk bisa diletakan didalam ruangan.

Berdsarkan riset yang sudah ditemukan sedikitnya terdapat 5 jenis bibit yang dapat dijadikan tanaman hias, kelima bibit tersebut adalah bibit tanamab hias bunga, bibit tanaman hias buah, bibit tanaman hias daun, bibit tanaman hias batang, da tanaman hias akar. Berikut ini penjelasan singkat mengenai jenis-jenis bibit tanaman hias:

1. Bibit Tanamana Hias Bunga

bibit tanaman hias bunga

Jenis bibit tanaman hias bunga merupakan jenis tanaman yang paling populer jika dibandingkan dengan jeis lainnya, jenis ini banyak digunakan oleh orang, sebab kebutuhan bunga di masyarakat sangatlah tinggi selain digunakan sebagai tanaman bunga juga dapat digunaka pada resepdi atau atau acara ritual tertentu. Jenis bibit bunga yang paling banyak digunakan atau di cari ada tiga yaitu Anggrek, Mawar dan Melati.

Tentunya Anggrek banyak di cari karena memiliki variasi yang banyak dan memiliki warna yang beragam. Selain itu bibit Anggrek juga sangat mudah untuk di tanam dimanapu. Kemudian Mawar juga tidak kalah dengan Anggrek, bahkan Mawar identik dengan cita yang melekat pada diri masusia, sehingga Mawar paling laku dipasaran, tak heran jika bibit Mawar banyak di cari para penanam. Selain Aggrek da Mawar Melati juga baya di buru dan menjadi primadona, Melati sering digunakan untuk kalung pengantin atau tamu istimeqa lainnya. Kedati demikian Melati berbau mistis.

2. Bibit Tanaman Hias Buah

bibit tanaman hias buah

Selain bunga buah juga bisa dijadikan tanaman hias, apalagi bibit buah sangat mudah untuk ditemukan, namun untuk buah yang sangat cocok dijadikan tanaman hias tentu sangat sulit untuk mencari bibitnya, meskipun didaerah tertentu tersdia sangat banyak, mnamun ketersediaanya tidak merata disemua daerah di Indonesia.

Sedikitnya ada tiga jenis bibit buah yag dapat dijadikan tanaman hias. Ketiga buah tersebut adalah Anggur, Jeruk Kelamansi, dan Tomat Cherry. Buah pertama yang paling banyak dicari untuk dijadikan hias adalah Anggur, bentuknya yang bergerombol dan memiliki warna yang menarik menjadi kelebihan tersendiri bagi buah yang satu ini. Selain itu anggur juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Kemudian selanjutnya adalah Jeruk Kalamansi, nama jeruk ini tentu agak asing apalagi bentuknya tak seperti jeruk pada umumnya, bntuknya yang mini dan warnanya yang cerah menjadikan nilai tersendiri untuk dijadikan tanaman hias. Dan terakhir adalah Tomat Cherry tentu buah ini berbeda dengan tomat dapur untuk masak, bentuk tomat ini sangat menggemaskan dan memiliki besar seperti buah cherry dengan warna merah cerah. Tetu sangat indah untuk dijadikan tanaman hias.

3. Bibit Tanaman Hias Daun

bibit tanaman hias daun

Selain Bunga dan Buah, Daun juga dapat dijadikan tanaman hias, bahakan untuk menanmnya tidak memerlukan bibit yang terbuat dari biji. Yang dimaksud dengan tanaman hias daun bukan berarti semua jenis daun dapat dijadikan tanaman hias, tanaman yang dimaksud adalah seperti Suplir, Lidah Buaya, da Keladi Red Star.

Suplir tergolong tanaman paku-pakuan, daunya kecil dan bergerombol banyak, tanaman ini sering dijadikan untuk hiasan rumah karena kesegaran yang ditimbulkanya mampu membbuat orang memburunya, kemudian juga ada Lidah buaya yang sangat cocok dijadikan hiasan, daunya yang berisi, sedikit berduri tentu menjadikan keunikan tersendiri, dan yang terakhir adalah Keladi Red Star, tanaman dan ini juga menjadi perhatian utamaapalagi memiliki warna daun yang cantik ditambah daun yang lebar membuat orang tertarik untu menanmnya.

4. Bibit Tanaman Hias Batang

bibit tanaman hias batang

Bibit jenis ini sangat mudah utuk di dapat, tinggal menancapkan ke tanah yang subur maka akan tumbuh dengan sendirinya. Kendati demikian jenis tanaman hias ini sedikit orang yang menanamnya sebagai hiasan. Keindahan taaman ii terletak apada batangnya yang begitu menakjubkan sehingga sedap di pandang mata telanjang. Sedikitnya ada dua bibit tanaman hias yang dapat kita taam untu dijasika hiasan. Yaitu bambu kuning mini dan kaktus mini.

Pasti anda sering melihat jeis tanaman hias ini, biasanya di desa banyak ditemukan jenis tanaman hias ini, seperti misalnya bambu kuning mini, batangnya yang tidak seperti bambu biasnya tentu memiliki keuikan tersendiri apalagi memiliki daun yang lebat sehingga membuat semakin menarik, kemudian kaktus mini juga dapat dijadika hiasan, bentuknya yang beraneka ragam, disertai batang yang tebal sehingga kaktus dapat menyimpan air dan terlihat segar, apalagi perawatanya tak terlalu merepotkan sehingga sangat cocok untik ditanam.

5. Bibit Tanaman Hias Akar

tanaman hias akar

Kemudian yang terakhir adalah tanaman hias akar, sama seperti tanaman hias daun, bibit tanaman hias akar juga mudah di dapat, tidak usah membeli bibit di tempat tertentu atau bahkan dari impor. Anda dapat dengan mudah mecariya dipekarangan, sebab taaman hias akar dapat timbuh dengan sedirinya.

Kelebihan dari tanaman hias ini adalah memiliki akar yang unik dan dapat dijadikan hiasan yang menawan. Sedikitnya ada dua jenis tanaman hias akar yang dapat dijadikan tanaman hias yaitu Beringin dan Kamboja. Kedua tanaman ini biasanya selalu ada di pemakaman. Meskipun begitu bisa dijadikan tanaman hias yang sangat unuk.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis bibit tanaman hias, semoga dengan membaca dan menyimak pembahasan ini para pembaca dapat memiliki referensi untuk dijadikan sebagai pengetahuan.

error: Content is protected !!
Hubungi