Bibit Buah-Buahan dalam Pot yang Perlu Anda Lakukan

Salah satu metode yang bisa diterapkan untuk membuat bibit buah-buahan adalah meggunakan media pot. Jika melihat geografis Indonesia yang memiliki daratan yang luas jika dibandingkan dengan negara-negara lain khususnya dengan negara tetangga di kawasan Asia Tenggara. Dengan begitu metode pembibitan dalam pot memang terkesan seperti bukan jati diri Indonesia yang memiliki daratan yang luas dan tanah yang subur.

Bibit Buah-Buahan
Namun seiring perkembangan globalisasi tidak semua daerah dan tanah di Indonesia memiliki kesuburan yang sama. Adapu daerah yang memiliki kesuburan tanah yang bagus namun terkendala lahan yang semakin menyempit karena adanya pembangunan infrastruktur atau bahkan tanah sudah dikuasi oleh lembaga atau korporasi tertentu baik asing maupun dalam negeri.

Oleh sebab itu metode pembibitan tanaman buah mengunakan media atau tempat di pot sangat cocok pada daerah yang kurang subur atau pada daerah yang memiliki lahan yang terbatas. Agar lebih maksimal sbaiknya gunakan bjenis pot yang memiliki ukuran besar. Cara ini bisa dilakukan baik oleh petani maupun profesi lainnya. Bisa juga diletakan pada sudut atau bagian halaman rumah tertentu sebagai hiasan.

Jika di telusuri dari akar sejarahnya, metode pembibitan dalam pot sudah dilakukan masyarakat Indonesia sjak tahun 70-an, hal ini bukan karena dulu lahannya sempit atau kontur kesuburan tanah yang kurang baik. Hal ini lebih kepada upaya percobaan, dengan begitu ketika laha atau kebut ditanami padi atau sayuran masyarakat bisa juga memiliki tanaman hidup dalam pot di areal perumahan mereka.

Karena metode ini di anggap efektif atau sebagai metode altirnatif, hingga sekarang banyak masyarakat yang membudidayakan pembibitan tanaman buah dalam pot. Pembibitan tanaman bua-buahan dalam pot sangatlah mudah, secara umum hampir sama dengan pembibitan pada umumnya, namunm memang ada sedikit perbedaan saja. Untuk dapat membuat bibit buah-buahan dalam pot yang berkualitas ikuti tips berikut ini:

Langkah-Langkah Membuat Bibit Buah-Buahan Dalam Pot

Agar pembibitan tanaman buah-buahan berjalan secara efektif dan memiliki hasil yang maksimal dikemudian hari, ada hal-hal yang harus kita perhatikan dan pahami. Oleh sebab itu silakan pahami dan praktikan langkah-langkah di bawah ini secara baik dan benar, pastikan psetiap prosesnya dilakukan denga sentuhan terbaik sebagaimana pembahasan pada artikel ini.

1. Menyiapkan Bibit Ungul dan Berkualitas

Langkap pertama atau langkah awal dan paling penting dalam membudiyakan pembibitan dalam pot adalah pemilihan bbi yang unggul dan berkualitas. Ada dua jenis tanamab buah buahan yaitu bibit yang dihasilakn dari biji dan kemudian ada juga bibit yang didapatkan dari hasil cangkok atau okulasi. Keduanya sama baiknya, namu hasil cangkok lebih cepat berbuah dari pada bibit dari biji.
Untuk itu agar hasilnya maksimal sebaiknya gunakan bibit dari hasilperbanyakan egetatif, seperti misalnya hasil cangkok, sebab jika menggunakan bibit vegetatif hasilnya 99 persen akan sama dari bibitnya. Dengan begitu nantinya kita akan mengetahui atau memprediksikan hasil buahnya akan seperti apa. Kemdati emikian ada kekurangan atau kelemahan jika menggunakan bibit dari hasil cangkok, kelemahanya terletak pada akar yang kurang kuat sehingga potensi mudah roboh cukup kuat.

2. Menyiapkan Komponen Atau Media Tanam

Kemudian langkah yang kedua adalah memilih ataiumenyiapkan media tanaman, kita harus tahu jika media tanam itu bentuknya atau wujudnya sangat beragam. Namun fungsinya sama yaitu sebagai komponen untuk menopang dan tempat tumbuh tanaman. Selain memberikan nutrisi media yang digunakan juga harus mampu menyimpan air dengan baik, agar tanaman tidak mudah kering.

Untuk membudidayakan bibit dalam pot, media atau komponen yang harus disiapkan dan digunakan adalah campuran tanah, arang sekam, dan kompos, perbandingan campuran ketiganya harus sama rata. Atau juga bisa menggunakan kombinasi tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan campuran yang sama.

Nah, agar hasilnya maksimal ada penambahan khusus bagi pembuatan bibit dalam pot di wilayah Indonesia, karena Indonesia adalah negara tropis maka tanah atau material organik lainnya cenderung memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, untuk itu kita bisa menambhkan kapur pertanian atau dolompit ke dalam campuran kompone yang kita gunakan

3. Menyiapkan Pot

Jika bibit dan komponen media tanam sudah kita dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan pot, karena judulnyanya membuat bibit tanaman buah pada pot maka yang harus kita siapkan adalah pot. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, gunakan pot yang memiliki ukuran yang besar. Atau anda juga bisa menggunakan kaleng bekas cat yang bisa anda desai menyerupai pot. Jika ada gunakan pot yang terbuat dari tanah liat atau kayu.

Pemilihan pot yang terbuat dari kayu atau tanah liat cukup beralasan, apalagi keduanya memiliki pori-pori, sehingga kelembaban dan suhus media tanam lebih stabil. Namun kedua pot jenis ini tidak mampu bertahan lama. Pada intinya gunakan pot dari bahan apapun yang terpenting adalah pot yang digunakan memiliki kaki dan alas, hal ini agar pot tidal langsung menyentuh tanah. Dengann begitu pot akan memiliki drainase yang baik dan memudahkan pengawasan terhadap akar tanaman agar cepat menjalar dan tidak enembus ke bawah.

4. Penanaman Bibit Buah-Buahan

Nah, jika nada sudah meyiapkan bibit yang unggul, komponen media tanam, dan sudah menyiapkan pot, langkah selanjutnya adalah penanaman. Hal ini paling penting, sebab jika kita salah menanam tentu dampaknya akan fatal pada hasil akhir proses tumbuh kembang bibit yang kita tanam. Silakan ikuti langkah penanaman yang baik dan benar berikut ini:

  • Tahap awal silakan siapkan komponen media tanam, lalu ayak tanah dan buang krikil yang ada. Jika tanah sudah di ayah silakan campur dengan komponen yang lainnya.
  • Lagkah kedua silakan ambil pot yang sudah disiapkan tadi. Alangkah baiknya untuk bibit yang masih kecil kita gunakan pot yang kecil, jika sudah mulai tumbuh besar maka gunakan pot yang besar sekaligus kita bisa mengganti komponen medainya dengan baru.
  • Langkah ketiga, ambil pecahan genteng dan taroh di dasar pot, cukup satu lapis pecahan genteng dan tambahkan lapisan serabut kelapa di atas pecahan genteng tersebut
  • Lalu silakan masukan komponen media tanam pada pot, jangan sampai penuh cukup setengah dari ukuran pot saja.
  • Kemudian selanjutnya sebelum di tanam sebaiknya pangkas dulu sebagian dau atau batangnya untuk mengurang penguapan.
  • Langkah berikutnya buka polybag bibit tanaman, lalu letakan bibit tersebut ditengah-tengah pot kemudian silakan tambahkan media tanam sampai pangkal batang
  •  Jangan lupa padatkan media tanaman, dan pastikan bibit berdiri tegak
  • Tambahkan air agar kelembaban media tanam dan bibit terjaga
  • Simpan pada tempat yang teduh, kemudian jika sudah satu minggu letakan ditempat terbuka yangkita inginkan.

Demikianlah pembahasan atau informasi mengenai Cara Membuat Bibit Buah-Buahan Dalam Pot, semoga setelah membaca artikel ini kita dapat melakukan trobosan yang baik dalam dunai pertanian dan perkebunan tanah air.

Hubungi